photo by MEDKOM HIMAGISA

HIMAGISA- YOGYA, Divisi Media Komunikasi Himpunan Mahasiswa Gizi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (HIMAGISA) telah menggelar Kelas Design Grafis dengan tema “Be Creative and Develop Without Limits With Ghaphic Design”. Kelas Design Grafis tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 dan dibuka untuk seluruh mahasiswa Universita `Aisyiyah Yogyakarta dan masyarakat umum. Acara ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom Meeting yang dihadiri 128 peserta dari berbagai prodi di Universitas `Aisyiyah Yogyakarta dan masyarakat umum. Kelas Design Grafis ini bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi mahasiswa dalam menambah wawasan dan melatih kreativitas mahasiswa dalam dunia desain grafis. Menurut ketua pelaksana kegiatan Yulia Nur’aliyah desain grafis ini sangat penting diadakan. “Dalam kelas desain grafis ini kita akan mempelajari tentang desain dasar dalam pembuatan logo, merek, desain web, periklanan, desain komunikasi dan desain untuk branding” jelasnya.

Acara ini menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya, yaitu Bapak Erwin Rasyid, S.I.Kom., M.Sc yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA. Beliau menjelaskan tentang teknik dasar desain grafis dalam pembuatan logo, merek, kemasan produk, dan poster. Beliau membahas mengenai tata letak penulisan, bentuk font, tata letak simbol, dan warna yang digunakan dalam membuat suatu karya. Hal tersebut beliau sampaikan agar pesan atau tujuan yang dimaksudkan dari karya yang dibuat dapat tersampaikan dengan baik kepada orang yang membacanya serta mudah dipahami.

Ilmu yang dibagikan oleh Bapak Erwin tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan para mahasiswa dalam membuat suatu karya desain grafis. Kemampuan desain grafis yang baik sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan perkuliahan ataupun dalam hal berorganisasi. Bapak Erwin juga memaparkan dan memberi contoh beberapa bagian yang kurang tepat dalam suatu karya. Sehingga nantinya para peserta dapat menghasilkan karya yang informasi dan pesannya dapat tersampaikan dengan jelas dan efektif.

Semua peserta yang bergabung sangat bersemangat dalam mengikuti webinar ini, dilihat dari beragam pertanyaan yang dikirimkan pada room chat Zoom Meeting. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menandakan bahwa masih sangat dibutuhkan penjelasan yang berhubungan dengan teknik dasar desain grafis agar terlihat menarik. Diharapkan dari Kelas Design Grafis yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan pemahaman, kemampuan kognitif, dan keterampilan visual para peserta terhadap teknik-teknik dasar dalam desain grafis.

Pada kelas desain grafis ini narasumber yang sudah berkecimpung di dunia desain editing grafis memberikan role model mengelola akun media sosial bagi peserta dengan mengutamakan proposi template desain, dimana saran dari narasumber dapat menjadi bekal bagi peserta maupun panitia untuk lebih aktif mengelola akun media sosial dengan baik dan sistematis agar pesan dari akun yang kita kelola dapat sampai pada viewer atau netizen.

Penulis : Risdah Al A, Fatimah Asyara R, Wining Septiani S, dan Chintya Devi A