Himpunan mahasiswa program studi gizi Universitas Aisyiyah Yogyakarta atau yang akrab disebut HIMAGISA ikut serta memperingati Hari Gizi Nasional ke-62 dengan mengadakan Talkshow pada hari Senin, 21 Februari 2022. Pertemuaan ini dilaksanakan secara online menggunakan Zoom Meeting dan Youtube Streaming. Diikuti lebih dari 150 peserta dari kalangan siswa SMA sedrajat, kalangan umum, hingga kalangan mahasiswa. Tema yang diambil untuk talkshow kali ini adalah “Aksi Cepat Cegah Obesitas Pada Remaja”.  Sesuai dengan tema yang diusung HGN 2022, yaitu “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”.

Acara ini mengundang salah satu dosen Universitas Aisyiyah Yogyakarta, yaitu Ibu Dittasari Putriana, S.Gz., M.Gz sebagai pemateri. Beliau membahas mengenai prevalensi obesitas di Indonesia dan pencegahan yang tepat untuk obesitas pada masyarakat Indonesia. Seluruh peserta pun dengan antusias mengikuti sesi diskusi bersama pemateri dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang dapat memperjelas pengetahuan dan juga wawasan.

Topik obesitas ini disampaikan sebagai salah satu upaya mensosialisasikan pencegahan obesitas di kalangan masyarakat, khususnya remaja. Ilmu yang dibagikan oleh Ibu Ditta diharapkan dapat dengan mudah diterapkan untuk menunjang perbaikan gizi di Indonesia. Narasumber kali ini pun telah berkecimpung di dunia kesehatan khususnya ilmu gizi sejak lama. Oleh Karena itu, materi dan ilmu yang diberikan tentunya diberikan berdasarkan referensi yang memadai.

Penulis : Rosa Nida, Hidayah Mukharomah, dan Chintya Devi A