HIMAGISA-YOGYA, Dalam memperingati Hari Gizi Nasional 2022, Prodi Gizi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Gizi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (HIMAGISA) untuk menggelar serangkaian acara. Dalam peringatan tersebut, HIMAGISA menggelar Webinar Nasional pada hari Minggu, 27 Februari 2022 dengan tema “Urgensi Pencegahan Stunting dan Obesitas di Era Pandemi Covid-19” dan dibuka untuk seluruh mahasiswa di Perguruan Tinggi Indonesia dan masyarakat umum. Acara ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui youtube yang dihadiri lebih dari 450 peserta dari yang berasal dari kalangan mahasiwa, dosen, praktisi dan masyarakat umum. Webinar Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam upaya pencegahan stunting dan obesitas terutama di Era Pandemi Covid-19 dan meningkatkan pola pikir peserta agar lebih luas dalam memilih serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi. “Suksesnya webinar ini juga tak luput dari dukungan berbagai pihak yaitu Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan para sponsor antara lain Diamore Grosir, Cicil, SOYJOY, Spesial Sambel (SS) dan Inez Cosmetic” kata Alika Widya selaku ketua pelaksana kegiatan.

Acara ini menghadirkan dua pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu  Ibu Nor Eka Noviani, S.Gz, MPH sebagai Pembicara 1 yang merupakan Dosen Prodi Gizi UNISA Yogyakarta. Beliau menjelaskan tentang “Pentingnya Pencegahan Stunting untuk Anak Sejak Usia Dini”. Beliau membahas mengenai penyebab dan risiko stunting pada anak, MP-ASI untuk anak berisiko stunting dengan pangan yang ada/lokal, strategi pencegahan dan penanganan stunting yang tepat dan benar di saat pandemi Covid 19.

Selanjutnya Bpk. Manjilala, S.Gz., M.Gz sebagai Pembicara 2, beliau merupakan Ketua DPP Persagi Sulsel. Beliau menjelaskan tentang ”Peran Gizi dalam Upaya Pencegahan Obesitas di Era Pandemi Covid-19”. Beliau membahas mengenai konsep, penyebab dan risiko obesitas pada anak, hubungan obesitas pada anak dengan stunting, pencegahan obesitas di masa Pandemi Covid-19, dan optimalisasi gizi pada anak saat Pandemi Covid 19.

Semua peserta yang bergabung sangat bersemangat dalam mengikuti webinar ini, dilihat dari beragam pertanyaan yang dikirimkan pada room chat Zoom Meeting. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menandakan bahwa masih sangat dibutuhkan penjelasan yang berhubungan dengan pencegahan stunting dan obesitas, terutama bagi yang salah satu anggota keluarganya telah menderita penyakit tersebut. Diharapkan dari Webinar Nasional yang telah dilaksanakan ini dapat meningkatkan pemahaman, wawasan, ilmu pengetahuan, dan pola pikir untuk pencegahan stunting dan obesitas terutama di Era Pandemi Covid-19. Dan lebih memperhatikan ketika saat mengkonsumsi makanan supaya dapat membedakan makanan yang bergizi dan yang tidak, serta memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi ini.

 

Penulis : Mutia Ardhita P. D dan Chintya Devi A